Pemimpin

Bismillah.



Pemimpin. Leader.
Sebuah kata yang kayaknya sering kita dengar. Tapi apakah hanya seperti itu? Pemimpin yang memimpin orang yang dipimpin? Pemimpin yang berebut kekuasaan? Pemimpin yang berkampanye dengan segala cara?
BUKAN. Pemimpin bukanlah seperti itu. Pemimpin adalah seseorang yang mengatur, merencanakan, mengevaluasi, dan mengkoordinasi semua yang dilakukan oleh anggotanya dengan kebijaksanaan tanpa mengharap balas jasa. Itu menurut saya.


Bagaimana menjadi seorang pemimpin yang seperti itu?
Jawabannya menurut sekelumit pengalaman saya yaitu dengan 1 kalimat :
TALK LESS, THINK AND DO MORE
As Charlie Chaplin said: “I don’t always speak, but when i do i make sure? the whole world listens”.
Ditambah dengan sedikit bumbu keberanian, kesabaran, dan loyalitas.


Itu dari banyak cerita, mulai dari Richard The Lionheart, Shalahuddin Al-Ayyubi, Alexander The Great, Genghis Khan, Patih Gajah Mada, John F. Kennedy, Soekarno, Steven Gerrard (jerat brooo), 4 Khalifah, sampe Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Mereka semua selalu berfikir sebelum bertindak. Saat banyak orang panik, mereka ada untuk menenangkan. Saat banyak orang terlena dengan kenikmatan sesaat, mereka memberi contoh bahwa kenikmatan itu tidak selamanya ada. Saat banyak orang mengira mereka sudah di atas angin, mereka masih merendah. Dan mereka adalah sosok yang bisa berbaur dengan rakyatnya, berpakaian sama dengan rakyatnya, bahkan makan tidak lebih baik dari rakyatnya. Merekalah sosok-sosok pemimpin yang dirindukan rakyat saat ini. Namun, saya yakin, sebentar lagi Indonesia akan mempunyai mereka dengan sistem pendidikan yang mengutamakan moral ini.


That's all. May God gives us many truly-really-leader soon. Wallahu a'lam bisshowab.

0 komentar:

Posting Komentar