Kartografi dan Penginderaan Jauh

Bismillahirrahmaanirrahim. Serius nih…
Setelah berminggu-minggu pengumuman SNMPTN baru bisa nulis. Bagaimanakah hasilnya? Alhamdulillaaaaaaah, saya diterima di Kartografi dan Penginderaan Jauh Universitas Gadjah Mada. Secara pilihan sih itu pilihan kedua saya. Tapi sebenarnya itu pun pilihan utama saya karena sejak awal saya memfokuskan diri, enggak daftar apapun selain SNMPTN, yaa itu prinsip saya sih.

Balik lagi ke KPJ. “Pilihan pertama” saya itu adalah FITB ITB. Naaah buat saya, kegagalan itu punya dua inti, 1. Cari sebabnya, 2. Ambil hikmahnya. Nah saya sadar betul sebelum tes SNMPTN itu satu-satunya yang belum saya siapkan adalah MENTAL. Nah fatal banget itu. Pelajaran yang saya kuasai jadi engga begitu bisa walaupun akhirnya juga dibantu Allah. Saya jadi terpacu untuk mengerjakan banyak soal. Padahal kalo salah -1. Naaah, waktu TPA (Tes Potensi Akademik) itu saya mengerjakan jauuh di bawah target saya, mungkin itu yang agak membuat saya down walaupun hari selanjutnya jauh lebih baik walaupun (lagi) diwarnai dengan tragedi ngempet. Jadi pada akhirnya sebab yang harus saya ambil adalah, “Siapkan segala sesuatu sebelum mengerjakan hal yang besar. Dan mental, itu sangat berpengaruh dalam menentukan ketenangan kita menyelesaikan suatu rintangan.”

Buat hikmahnya banyak banget nih. Saya sadaaaaar banget agak jauh sebelum pengumuman kalo sebenernya saya masuk ITB itu salah satunya karena GENGSI. Ya, gengsi itu yang membuat saya kepingin banget masuk ITB. Saya jadi mengesampingkan segi-segi seperti jadi apa saya nanti, kerja dimana, jauh dari keluarga enggak, berat enggak, dsb. Padahal nih, dari kelas 10 SMA saya itu udah bercita-cita masuk KPJ. Bahkan saya udah mau masuk IPS kalo engga dikasih tau bapak Geografi itu IPA. Alhamdulillah kalo jodoh emang engga kemana, saya akhirnya keterima juga di KPJ. Uyeh. Naah hikmah lain, UGM deket dari rumah, jadi ibuk suka juga. Yaaah itung-itung nyenengin ibuk laaaah. Yang lainnya? Saya masih deket sama adik-adikku, suka dengan mata kuliahnya, dll.

Naaaah dari semua itu saya simpulkan kaya ayat bahwa “Bisa jadi yang baik menurutmu justru adalah yang buruk dan bisa jadi yang buruk untukmu justru baik bagimu”. Dan dalam kasus saya, saya sangat senang bisa mendapatkan KPJ ini. Saya akan menjalaninya dengan baik insyaAllah karena saya senang sama makul-makulnya dan saya mau berkarya lewat KPJ ini. Doakan saya ya teman-teman.
Alhamdulillah.

21 komentar:

  1. mau tanya. klo kartografi tu sebenarnya cocok buat cewek gk ya? trmksh sblmnya

    BalasHapus
  2. Cocok kok dek, banyak banget sekarang yang cewek malah

    BalasHapus
  3. rta rata nilai rapot berapa biar bisa masuk KPJ UGM ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya jalur tulis jadi nggak tau dek besarnya berapa

      Hapus
  4. maaf kak mau tanya rata rata nilai rapor yang kemarin masuk kpj ugm bagaimana? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. oiya kak satu lagi. prodi geofisika dan kpj nilai rata rata minimumnya lebih besar mana?

    BalasHapus
  6. mau tanya, KPJ itu prospek kerjanya gimana? KPJ kan cuma 1 di Indonesia, ada yang bilang kalo KPJ itu salah satu prodi yang susah lulusnya, trus juga katanay peralatan di KPJ juga mahal, bener ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau percaya sih, bagus sekali, karena tenaga GIS dan Remote Sensing baru sangat dibutuhkan dan jumlahnya sangat sedikit. Kalo saya pengennya setelah lulus S1 lanjut dulu S2 di Norwegia. Tapi kakak kelas kami aja banyak kok yang lulus terus kerja di Kanada, Qatar, dsb. Kalo susah lulusnya enggak juga, di geografi UGM memang rata-rata prodi yang paling lama, tapi meskipun begitu mayoritas kami sudah menyelesaikan sampai 4,5 tahun. Biasanya lama karena skripsi mahasiswa S1 yang terlalu bagus malah lebih dari tesis.
      Kalo peralatannya mahal tidak juga, banyak cara untuk berhemat kok di Jogja.

      Hapus
    2. Wah... .. kak mau tanya dong... anak2 kpj itu pada serius nggk sih?

      Hapus
    3. Mksudnya..ada yg santai2 bgt gitu?

      Hapus
  7. assalamualaikum. di kpj itu pelajaran nya ada apa aja ya selain geografi sama fisika. makasih (:

    BalasHapus
  8. waktu kakak daftar di KPJ, peminatnya berapa kak ?

    BalasHapus
  9. Hai kak. Skrg kakak udah semester berapa? Udh lulus kah? Inginkan tanya2 nih. Kalo boleh, bisa dibalas ke hujanrintik28@gmail.com atau line @rintikrain terimakasiiih

    BalasHapus
  10. Kak kpj bisa untuk ank ips gak? Lewat undangan rapotny

    BalasHapus
  11. Kak kalau untuk cewek berat ga ya prodi ini?

    BalasHapus
  12. Halo, kak. kak mau tanya. di KPJ pelajarannya tentang geografi semua atau ada yang lain ya kak? soalnya aku ipa tapi ga pernah nyentuh sama sekali tentang geografi. takutnya susah pas udah masuknya ._.

    BalasHapus
  13. kak, KPJ itu peminatnya banyak gak?

    BalasHapus
  14. kak, KPJ itu peminatnya banyak gak?

    BalasHapus
  15. kak masih kuliah di ugm prodi kartografi apa udah lulus? kalau masih kuliah bisa minta buat diwawancara tidak. untuk tugas saya.

    BalasHapus
  16. kak ada peluang nggak untuk anak ips masuk kpj UGM ?

    BalasHapus