Japan 1 - Jepang, The Land of Sunnah

Kamu (wahai umat Muhammad) adalah sebaik-baik umat yang dilahirkan bagi (faedah) umat manusia, (kerana) kamu menyuruh berbuat segala perkara yang baik dan melarang daripada segala perkara yang salah (buruk dan keji),  serta kamu pula beriman kepada Allah (dengan sebenar-benar iman).  (Surah Ali `Imran: 110)

Jepang.

Hm baru tanggal 18 Desember 2013 kemarin aku pulang dari Jepang. Banyak banget cerita yang harus diceritakan buat semua temenku, banyak banget pelajaran berharga yang harus aku sampaikan ke orang lain.

Sebelum cerita kelus belusnya Jepang aku harus cerita dulu dong tujuannya. Nah kemarin itu aku ke Jepang buat menghadiri konferensi, namanya ICAST (International Conference on Advanced Science and Technology) ke-8 di Kumamoto University di Prefektur Kumamoto di Pulau Kyushu, di selatan Fukuoka gitu deh. Terlihat sangat keren dengan kepanjangannya yang panjang men. Tapi sumpah aku sebenernya cuman ngelakuin apa yang aku suka dan malah dikabulin Allah. Eh bukan malah sih, alhamdulillah. Agak nggak fokus dikit ya, jadi aku itu udah sejak orok pengen pergi ke Jepang. Boleh jadi karena aku suka anime, tapi terlepas dari itu semua Jepang adalah satu-satunya negara yang aku pengen datengin sebelum Arab Saudi -tapi kalo dikasih semuanya juga mau sih-. Pokoknya kesampaian pergi ke Jepang -yang aku rencanakan bisa kesana 2016- itu kayak mimpi, tapi emang mimpi ding, mimpi, cita-cita.

Skip skip banyak hal yang sebenernya penting tapi bakal aku sampaikan di posting yang lain.

Jadi waktu berangkat -pake pesawat dimana itu penerbangan pertamaku, dan itu ke Jepang meen, negara yang aku impi-impikan- aku mencoba antimainstream, dalam kasus ini negative thinking sama orang-orang Jepang karena orang-orang banyak bilang kalo orang Jepang itu...baiiiiiiiiiiiiiiiiik banget. Ya coba aja lah nganggep orang Jepang itu jahat dalam kurun waktu tertentu. Aku mencobanya, menguatkan hati, ruh, raga, dan jiwaku untuk mempertahankan mindset yang aku buat sendiri itu... Namun apadaya, orang Jepang itu emang baik pollll! Sumfeh. Waktu pertama kali naik pesawat aja temenku udah ada yang dibantuin seorang mas-mas Jepang gitu. Mukegile... Negativethinkingku bisa hilang dalam sekejap, wed**. Terus gitu temenku yang lain ada yang dibantuin orang Jepang gitu, jadi dia itu tau kalo kami mau ke Jepang pertama kali terus mau dikasih nama sama nomer gitu barangkali ada masalah. Are you kidding me? Kau itu tidak kenal kami bapak, tapi kenapa kau mau membantu kami dengan setulus itu bapak? Apakah kami cukup bisa dipercaya untuk mendapatkan bantuan yang sebaik itu?... Eniwei ini poin yang pertama, inget hadits :

“Tidak lah sempurna iman seseorang dari kalian,sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri “ (HR Bukhari)

Terlepas dari mereka bukan seorang muslim tapi mereka bisa mencintai kita, ya walaupun mungkin nggak sampe seperti mencintai diri mereka sendiri tapi paling nggak seperti mencintai anak mereka sendiri. Aku yakin kalo bapak itu seorang muslim, tau kami orang muslim juga, cintanya nggak akan putus di pesawat, tapi berlanjut besok di surga dan pasti bakal nyalamin kami waktu mau masuk gerbang surga, aamiin ya Allah.

Itu poin pertama sunnah yang ditegakkan Jepang.

Sumfe sumfe sumfe di jalan udara kami tu kena badai men, badai men bayangin men penerbangan pertama kena badai men, bise gile. Petir tepat nyambar di samping jendela yang aku liat. Aku nggak bakal ngasih tau temen-temenku, cuman bakal panik kalo dikasih tau. Aku cuman mlongo sendirian... Tanpa teman... Dan untungnya...kami sampe di Bandara Kansai, Osaka. Jam 11 malam.

WELCOME TO KANSAI!


4 komentar:

  1. waaahhh... subhanallah.., doain aku juga ya za... moga-moga bisa ke jepang juga ^^
    -miftah-

    BalasHapus
  2. Jepang, Mas ? Melongo gedhe :O
    selamet ya, Mas... ngeri lhoya..

    BalasHapus
  3. miftah : secepatnya dong mifff :D
    ima : buruan yaa ke jepang, banyak yg menantimu loh im :D

    BalasHapus
  4. Misi step by step, kendala dana buat ikut event icast gmn ya kak. Im looking forward to join the event tho. Tp msh blm kpikiran cara2 nya juga. Mhn bisa mail sy kak di dheapramest@gmail.com

    BalasHapus