Pemulung sebagai Solusi Energi Indonesia

Yeah tulisan ini ditujukan untuk semua warga Indonesia agar tidak selalu melihat Indonesia dari sisi buruk dan beralih untuk melihat apa sih yang seharusnya kita lihat dari bangsa kita ini.


Okeee, mungkin judul di atas sedikit menggemparkan penonton bapak-bapak ibuk-ibuk semua. Mungkin juga ada yang nebak itu bukan isinya tapi cuman untuk memberikan sensasi. Saya jawab, kalo untuk menimbulkan sensasi iyasih, tapi emang ide saya ini tercetus karena mulai tumbuh kelompok-kelompok pemulung yang kreatif. Ada yang memanfaatkan plastik-plastik dan bekas botol air minum mineral untuk dijadikan karya seni yang menaikkan harga jual sampai 10x lipat. Wow kan?

Setelah dipikir-pikir juga, dengan adanya pemulung itu sampah-sampah kita berkurang dengan cepat karena mereka juga berlomba dan anehnya mereka memiliki "ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif)" bagaikan sebuah negara dan bahkan saat ada yang melanggar ZEE tersebut akan terjadi adu mulut yang sengit. Okee okee memang kita tidak akan membahas tentang itu. Tapi alangkah baiknya kalo misalnya pemulung-pemulung itu diberdayakan dalam satu wadah Perhimpunan Pemanfaat Sampah Indonesia (PPSI) yang dengan nama itu akan menaikkan status sosial pemulung menjadi lebih terhormat. Dan dengan adanya pemberdayaan ini akan mengurangi sampah Indonesia secara signifikan, apalagi di kota-kota besar.

Nah, masalahnya adalah pemulung-pemulung ini terlalu "kreatif" dalam memilih sampah. Jadi, banyak sampah yang belum diambil juga. Kebanyakan mereka mengambil hal-hal yang bisa di-recycle (ini sangat bermanfaat karena barang-barang yang bisa direcycle yang diambil pemulung menjadi cepat berubah kembali sebelum mencemari lingkungan). Tapi sebenarnya sampah-sampah organik mereka ambil dan di "PPSI" cabang kota tersebut sampah-sampah organik dikumpulkan dan difermentasikan sehingga bisa menghasilkan etanol dari fermentasi sampah tersebut. Ini mirip dengan langkah kerja sebuah perusahaan aneh di Kanada bernama Enerkem yang mengumpulkan sampah disana untuk dijadikan etanol. Mereka bisa membuat etanol dengan biaya yang murah, dan belakangan ini juga sudah muncul beberapa perusahaan seperti ini di Indonesia, hanya saja memang lebih baik memberdayakan pemulung untuk kemajuan Indonesia bukan hanya mengejar profit.

Nah, etanol inilah yang sekarang mulai banyak menjadi solusi energi alternatif. Bahkan di Indonesia pun sudah ada sepeda motor yang menggunakan etanol sebagai bahan bakar utama. Brazil, sedang gencar-gencarnya membuat dan menggunakan etanol. Nah peluang inilah yang nantinya akan diambil PPSI. Negara pasti juga akan sangat senang karena mendapatkan sumber devisa yang menarik dari ekspor etanol ini.

Dengan adanya pemberdayaan pemulung, akan memungkinkan juga kenaikan kesejahteraan pemulung. Bayangkan saja setiap malam minggu mereka tidak bisa berkumpul dengan keluarga mereka dan harus bekerja keras sampai pagi. Nah dengan pemberdayaan ini teman-teman saya yang notabene anak-anak pemulung itu bisa sekolah. Bisa kuliah seperti saya. Pasti mereka akan sangat berterimakasih dan bersyukur atas apa yang kita berikan pada mereka.

Jadi, inti dari program ini adalah beberapa langkah yaitu :
1. Buat PPSI.
2. Melobi pemerintah untuk memperhatikan aktivitas pemulung dan kebermanfaatnannya dengan memberikan aspirasi-aspirasi pemulung seperti gerakan buruh akhir-akhir ini.
3. Melatih pemulung.
4. Membuat koperasi PPSI, fasilitas fermentasi, dan tempat recycle raksasa di cabang-cabang PPSI untuk meningkatkan taraf hidup pemulung.
5. Mengapresiasi mereka dengan mengadakan lomba setiap tahun dan mewartakannya di media massa.

That's it. Inti dari tujuan program ini adalah untuk memanfaatkan energi alternatif di Indonesia, ramah lingkungan dengan "memberantas" sampah, dan meningkatkan taraf hidup saudara-saudara itu dan membuat mereka bisa sekolah lebih tinggi dan nantinya akan membuat sebuah persatuan pemulung yang solid dan sangat bermanfaat di Indonesia.

Inilah caraku untuk memajukan dan membuat Indonesia tersenyum! Senyum Indonesia! :)

3 komentar:

  1. sebelumnya terimakasih kritiknya gan

    Temanya :
    1. Tindakan nyata sobat bumi dalam menghemat energi dan menjaga lingkungan.
    2. Energi alternatif sebagai pengganti energi fosil ketika minyak dan gas habis.

    Saya ambil yang nomor satu gan, coba dibaca lagi gan :)
    Yang kedua pun saya singgung dengan penggunaan etanol

    Saya adalah pemerhati sosial sekaligus mahasiswa geografi, saya memadukan itu dan eureka jadilah artikel ini :)

    BalasHapus